Generasi pertama diluncurkan dengan 2 atau 4 pintu dengan axle belakang yang solid dan sudah mengaplikasi suspensi independent. Mesin pada awal produksi menggunakan mesin diesel 2.0 L dan 2.2 L yang belakangan diketahui sangat kurang bertenaga untuk bobot kendaraan kosong yang lumayan berat, sekitar 3,700 lbs atau 1.7 ton. Penggerak empat roda atau 4 WD dapat diaktifkan dengan menggeser posisi tuas penggerak roda depan keposisi aktif atau non aktif bersamaan dengan pengaktifan tuas transmisi percepatan regularnya.
Tersedia Manual Free locker buatan Aisin dan buatan Isuzu sendiri yang dikenal dengan Auto Hub Locking untuk Trooper generasi pertama ini.
Pada tahun 1986 Isuzu merperkenalkan mesin dengan kapasitas 2.3 Liter bensin (4ZDE1) yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 112 tenaga kuda atau sama dengan 102 kW. Itu merupakan pengembangan yang luar bisa pada masa itu dibandingkan dengan mesin sebelumnya.
Kemudian pada tahun 1987 Isuzu kembali memperkenalkan mesin baru dengan sistem supply bahan bakar injeksi yang pertamakalinya yang diberi kode (4ZE1) untuk Trooper. Trooper dengan model ini masih mengandalkan transmisi manual namun telah dipersenjatai dengan gearing transfer case low range ratio dengan ratio 2.28:1. Model ini menggunakan mesin berkapasitas 2.6 Liter bensin 4 silinder segaris dengan transmisi automatis dengan transfer case gearing ratio 2.66:1.
Sebagai SUV pendatang di Amerika pada saat itu dan untuk mencapai market share yang bagus, pada masa promosi Isuzu America mendatangkan Troper II. Didalam usahanya meraih pangsa pasar yang lebih baik lagi dan untuk menyesuaikan harga jual, Isuzu menambahkan jok belakang pada Trooper.
Nantinya generasi pertama Trooper akan mempunyai opsi trasnmisi 4 percepatan otomatis, sedangkan mesin V6 diadopsi dari produksi General Motors (mesin 2.8 L pushrod V6) dan dikombinasikan dengan penggunaan ban berukuran 31" X 10.5" dengan differential gearing 4.77.1 Sedangkan standard differential gearing untuk Trooper keluaran 1981 - 1991 adalah 4.555:1 Model tahun 1988 - 1991 diperlengkapi dengan 10-bolt 17-spline front IFS differential dan Isuzu 12-bolt live rear axles dengan 4-wheel disc brakes.
Produksi tahun 1987 lampu Trooper juga diganti dengan lampu segi empat sementara product sebelumnya menggunakan lampu bulat. Opsi Limited Slip Differential clutch juga tersedia dengan kode "G80". Versi luar negeri yang tidak di release di Amerika Serikat termasuk Isuzu dengan mesin 4 JB1 dan 4JB1-T (versi 2.8 L diesel inline dengan 4 silinder, Kode "T " adalah menunjukkan bahwa mesin telah dilengkapi dengan Turbo charger).
Pada tahun 1989 Isuzu dengan short wheelbase (90") dimasukkan ke Amerika Serikat. Semua Trooper dengan short wheelbase menggunakan mesin 2.6 Liter Fuel Injected dengan 4 silinder, differential gearing 4.77.1 dan mengunakan ban 31" X 10.5 membalut velg alloy 15"X7" "snowflake" pattern wheels. Ditawarkan dengan transmisi versi otomatis dan manual.
Sejarah selanjutnya pada tahun 1989, generasi pertama Isuzu Trooper dimulai di Amerika Tengah dimana versi yang lebih kecil di produksi dengan rag top atau atap yang dapat di buka tutup dan dengan wheel clearance yang lebih tinggi. Isuzu yang paling populer adalah versi turbo diesel dengan 2.9 Liter. Dengan RPM sedang, dengan sedikit modifikasi mesin ini juga dipakai untuk portable freezer box, generators dan dipasang pada boat penyelamat pantai. Mesin ini sangat mudah perawatannya dan juga kuat untuk dipasang di Trooper. Banyak dijumpai di jalan-jalan di Amerika Serikat dan Amerika Utara.
Isuzu menghentikan produksi untuk beberapa model yang menggunakan mesin tipe ini, dan menjadi agak sulit mencari spare part-nya. Hal ini sangat dikagumi oleh orang yang masih mempunyainya atas ke sederhanaan dan kepecayaan dan potensi dari mesin jenis ini.
No comments:
Post a Comment